Minggu, 31 Oktober 2010

Keselek Staples

Hari terakhir bulan Oktober 2010 ada kejadian yang kurang diharapkan dan sebuah pelajaran berharga terjadi pada diri gw. Tanpa sengaja ada benda asing kecil yang menyangkut di kerongkongan gw. Gw langsung mengarahkan tersangka pada isi staples. Ga sakit sih, cuma mengganjal dan bikin khawatir. Langsung aj gw, berusaha buat muntah, moga-moga aja tuh staples bisa ikutan kluar dari leher gw. Ternyata setelah 3x gw muntah tuh staples masih keukeh betah bertengger di tenggorokan gw. Daripada gw muntahin terus, yang ada malah gw jadi lemes. Gw memutuskan untuk cari cara lain.

Akhirnya dengan insting menyelamatkan diri, gw minum sebanyak2nya. Mudah-mudahan tuh staples bisa kedorong ke dalem dan bercampur dengan makanan. Ide selanjutnya adalah nanya ke mbah google dengan kata kunci: nelen staples, keselek staples, pertolongan pertama ketika nelen staples, cara mengatasi keselek staples, staples nyangkut di tenggorokan, dan keyword2 lainnya yang menyiratkan keputusasaan. Hasil pencarian google ternyata menunjukkan hasil yang lumayan menolong. Berikut ringkasan dari hasil pencarian gw:

  • Jangan terlalu khawatir jika kita menelan benda asing karena dinding usus kita cukup tebal. Karena pernah dilakukan penelitian terhadap dinding usus seseorang yang sering memakan benda-benda metal seperti paku, baut, silet, dll. Ternyata benda-benda tersebut tertanam di dinding ususnya dan beliau baik-baik saja. Walaupun begitu sangat tidak disarankan dengan sengaja menelan benda-benda logam yang tajam.
  • Jika terasa sakit, langsung hubungi rumah sakit terdekat untuk di rontgen dan kemungkinan besar di operasi
  • Makan makanan yang padat seperti nasi, pisang, kentang rebus, singkong rebus. Tapi jangan makan tanah lempung, karena tanah lempung bukan makanan
  • Di beberapa negara penggunaan staples pada makanan telah dilarang karena banyak laporan orang yang masuk rumah sakit karena menelan staples secara tidak sengaja
  • Pernah ada kasus, menelan staples bisa mengakibatkan kematian. Namun kasus yang ditemukan terjadi pada kelinci, bukan manusia
  • Lebih baik membungkus makanan dengan karet gelang daripada staples dikarenakan:
  1. Karet gelang dapat dipakai kembali
  2. Karet gelang tidak berbahaya jika tertelan sedikit (kalo banyak tetep bahaya). Sebagai buktinya, ayam-ayam tetap hidup walau sempat menelan karet gelang
  • (update)
  1. Tiga hari setelah kejadian masih terasa ada yang mengganjal di tenggorokan, namun tidak sakit. Saya masih menunggu perkembangan lebih lanjut.
  2. Tujuh hari setelah kejadian terasa sudah tidak ada yang mengganjal di tenggorokan. Saya hanya berharap ntu staples ga nyangkut di mana-mana lagi dan membahayakan
  3. Lima belas hari setelah kejadian keadaan kembali normal dan sudah tidak ada kekhawatiran masalah staples yang ketelen
  • (update Mei 2020 - Masyaallah setelah hampir 10 tahun updatenya)
  1. Saya masih hidup dan sehat, alhamdulillah. Dan kalaupun pernah sakit itu bukan karena nelen staples (dan bukan karena Covid-19 juga)
  2. Jadi pelajaran berharga. Bahwa yang tadinya menurut kita masalah besar, ternyata ga besar-besar amat dan akhirnya terlupakan begitu saja. Masalah keselek staples dulu hampir saya ga ingat kalau bukan karena artikel ini.
  3. Saya jadi terinspirasi, bahwa membagikan pengalaman-pengalaman kecil sebangsa nelen staples ternyata berguna bagi beberapa orang.
  4. Masalah itu berkah jika kita mampu sabar dan belajar darinya.
Kesimpulan :
Langkah pertama dan utama dalam setiap kejadian tak terduga adalah BERSIKAP TENANG dan RASIONAL.

    74 komentar:

    Anonim mengatakan...

    Makasih infonya,Pagi ini saya keselek staples... tenggorokan rasanya aneh.
    mudah2an aja ga pa2

    mimah mengatakan...

    thanx buat share nya... malam tadi saya keselek staples juga.. rasanya ada yg nyangkut ditenggorokan.. hiks hiks..
    mudah2an baik2 saja.. amin..

    Anonim mengatakan...

    ternyata kuncinya tenang sodara2

    thanks for sharing yak..

    Anonim mengatakan...

    makasih buat infonya. berguna banget. semoga semua baik2 aja :I

    Unknown mengatakan...

    Aduh, smalem gua makan peyek sambil nnton ShingekiNoKyojin... sangking serunya gua gk hirauin tuh streplles nya... yg 1 sempet ke kunyah dan gua buang.. 1 lg ketelen.. masih ada rasa nyangkut di tenggorokan.. mudah2an gk apa2... THX BANGET infonya... :D

    Unknown mengatakan...

    kmaren malam saya juga kemakan isi straples, waktu di meja kerja lagi bredel2 makalah yg ada streplesnya kurang tau itu streples berhamburan waktu nglepasnya. Ga tau gimana caranya satu streples masuk ke gelas kopi. Waktu minum kopi brasa ada yg nabrak2 gigi, nyadar klo itu sepertinya straples mau ta muntahin malah udah kadung ke telen glegek glegek TT_TT"

    Unknown mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Unknown mengatakan...

    trus lu baik2 aja gan, smpe skrg? gw jg ktelen stapleskmaren ...

    Oct mengatakan...

    Kmrn nelen staples udah pannik banget. Semoga ga kenapa2 tenggorokan ga asik bgt jadinya

    Unknown mengatakan...

    agan agan yg pernah nelen staples gimana kondisi skrg? waktu itu dibiarin aja atau gimana?

    Nuri mengatakan...

    Gimana kabarnya yg keselek staples ? Berapa lama ini di tenggorokan ada rasa ga enak ga nyaman dan bikin khawatit ini ? Ga perlu kah ke dokter dulu ?

    Unknown mengatakan...

    Masih pada idup n sehat kn yg pada nelen steples?

    Nuri mengatakan...

    Hahaha gua sehat skrg, dan ternyata waktu itu tuh kata dokter sakit di tenggorokan gegara radang...padahal udah panik duluan ngakak wkwkwk

    Afal mengatakan...

    Kalo nelen dinosaurus gimana ?

    aditya putra mengatakan...

    Semalem saya juga kemasukan isi staples gara2 ceroboh saat buka bungkus makanan dan staplesnya masuk ke nasi, ketelen dan ada rasa sakit ditenggorokan. Lalu saya pergi ke kamar mandi kemudian meraba2 tenggorokan, berharap menemukan benda asing tersebut. Namun saya tidak menemukan apa2, Lalu paginya pergi ke poliklinik THT dan setelah diperiksa tidak ada benda asing yang dimaksud. Yang ada hanya seperti bekas luka (mungkin kena staplesnya itu). Tapi nyeri itu masih kerasa, terutama saat digunakan untuk menelan.
    Semoga tidak terjadi apa2, baca artikel ini jadi lumayan melegakan. Thanks gan :)

    Ega Fernanda mengatakan...

    Saya barusan tadi pas buka bungkusan nasi goreng juga nelen staples,rasa nya nyeri bentar di tenggorokan,tapi setelah di minumi air hilang,semoga ikut kebawa makanan..

    Unknown mengatakan...

    jadi sodara2, ane ketelen biji saples nih. kemaren pas ane buka puasa pake otak2 yang dibeli 500an enyoi bener tapi dibungkus pke staples. terus ada yg ngeganjel kayak nyangkut di tenggorokkan gw. gw minum aer banyak2, makan nasi, dan pagi tadi gue muntahhin (ya tapi ga muntah jdinya, tetep aja nyangkut. sebel sih ga konsen ane tadi lagi exam karna stress mikirin nih staples yg nyangkut. gan jadi intinya, ga usah diapa-apain nanti juga sembuh sendiri gitu? jawab dong gan agan sekalian, jgn bikin gw mati penasaran kesangkut staples :(

    F58 mengatakan...

    gw juga, perasaan pas makan siang "nasi bungkus" kek ada benda tajam gitu pas mau nelen baru kerasa ada yanbg tajam nya , eh sampe sekarang panik sendiri , apa ada solusi nya gan ?? , brasa gk nyama aja sama kebawa pikiran ,dari beberapa artikel yg ana baca ada yang bilang gpp , ada juga yg bilang bahaya , jadi dilema nih

    Unknown mengatakan...

    dilema nelen isi straples sakit banget

    Unknown mengatakan...

    Saya nelen steples dah 4 hari gak turun2 gimana y ,hari ke 4 baru sakit tenggorokan nya

    Bayah Traveller mengatakan...

    Intinya... jika sakit berlanjut hubungi dokter. Mudah-mudahan dokternya bisa dihubungi, meski sebelumnya belum pernah berhubungan. (apa sih!)

    Unknown mengatakan...

    MAKASIH BANHAK GAN, SAYA JUGA SAMA SEPERTI ITU :( SEMOGA TIDAK KENAPA NAPA

    Arman Tap mengatakan...

    semoga baik" aja cuy w abis makan kue gataunya ad streples sue lah

    Unknown mengatakan...

    Moga pada sehat agan2

    Unknown mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Unknown mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Unknown mengatakan...

    Barusan kaya ngrasa nelen isi steples, gak inget lagi dibuang apa enggak soalnya langsung cari2 sendok di bungkus nasgornya, langsung search di google nemu artikel ini. Moga2 gak kenapa2, masih panik karena masih nyangkut pdhl udah minum 1,5 liter air yg botolan. Malah sekarang kaya makin kebawah tenggorokan... makasih infonya, lumayan bisa membuat sedikit2 tenang.

    maimunah mengatakan...

    udah 2 hari ini aku juga ngerasa ada benda asing nyangkut di tenggorokan .. waktu itu pas makan tiba2 ada benda nusuk gtu trus nyangkut .. kerasanya sih nyangkut tapi gatau sih .. belum periksa juga .. baca komentar2 berasa ada temennya .. baik2 aja kan ya ? harus digimanain ya ?

    pensil mengatakan...

    minumi minyak sayur banyak-banyak .. kejadian pernah saya alami. minyak sayur (yang baru... bukan bekas gorengan) membantu melicinkan tenggorokan ... saya juga alami minyak goreng itu juga pertolongan pertama kalau terjadi iritasi/luka terbuka ... kalau tidak ada betadine ato obat medis lain

    Unknown mengatakan...

    Gua juga barusan nelen nih isi staples. panik gan. langsung gua mikir pasti bakal mati nih gua. tapi setelah baca nih komentar agan lumayan bikin tenang gan. semoga masih pada idup ya semuanya.

    Oraydaulay mengatakan...

    Trus sekarang kondisinya gimana? udah turun belom btw abis nelen juga nih amsyong penasaran

    Unknown mengatakan...

    Semoga tidak apa2,semalem suamiku juga ketelan isi steples pas mkn nasgor.ktya klau buat mkn gk sakit,klau buat diem kadang sakit.blm periksa ke dokter.cuma semua mknya sdh dimuntahkan tpi gk tahu ikut keluar gaksemoga saja aman dan baik2 saja.

    Unknown mengatakan...

    Tolong komentar yang udah nelen kira2 sebulanan gitu? Apakah kalian masih baik2 saja? Bisa d keluarin ga sih? Misalnya ke dokter mana gitu? Barusan nelen ga sengaja takut luka tenggorokannya

    Amalia mengatakan...

    Artikelnya udah 9tahun yg lalu, trs gmn sih kondisinya skrg agan2 yg ktelan staplesnya?

    Amalia mengatakan...

    Trs gmn gan kondisinya skrg?
    Udah 5tahun yg lalu

    widiariharyanto mengatakan...

    wew.... aku barusan nelen staples
    ..

    dZe mengatakan...

    anjay gw jg makam peyek wkwkwk

    Unknown mengatakan...

    Ah ternyata sama juga ya kalau panik suka nanya ke bah google. ๐Ÿ˜… hari ini saya juga ketelen tuh staples nyangkut di tenggorokan udah panik duluan

    Unknown mengatakan...

    Ah ternyata sama juga ya kalau panik suka nanya ke bah google. ๐Ÿ˜… hari ini saya juga ketelen tuh staples nyangkut di tenggorokan udah panik duluan

    Unknown mengatakan...

    hari ini juga sama panik banget gara" ketelen staples gimana nih

    Bayah Traveller mengatakan...

    Ga nyangka ternyata artikel ini, yang 9 tahun lalu ditulis, bulan ini masih ada yg visit and comment

    Unknown mengatakan...

    Pagi ini saya makan nasi lemak, nahh perasaan straplesnya gada yg lepas, pas selsai makan kok rasanya seperti ada straples yg nyangkut, dan susah ditelan, udh minum air banyak" tetep gabisa, tapi pas baca artikel ini jadi lumayan tenang meskipun agak khawatir

    Unknown mengatakan...

    Peyek trossdd

    Unknown mengatakan...

    kamu ke dokter tht ga?

    Unknown mengatakan...

    Truss gimana ih kamu sembuh gaaaaaaaa

    Unknown mengatakan...

    Malam ini makan lalapan tau tau nya staples campur dgn sambel gara2 vokus smbil Nonton keasikan ada rasa yg ganjel Di tenggorokan
    Mnurt kalian gmna yaa

    GISPER FX (Gisting Permai) mengatakan...

    Ternyata disini jadi tempat curhat org yg nelen isi Staples, barusan aq makan keripik yg bungkusnya di Staples, pas terakhir sisa remukan keripik ternyata ada isi Staplesnya ketelen lagi. Panik dehh.. langsung buka google nyari solusi ehh ktmu org2 yg bernasib sama.
    Semoga aq jg baik2 aja deh soalnya trasa ganjal di tenggorokan.

    Justpmsulaeman mengatakan...

    Oi ini bales apa masi pada idup ga abis nelen streples

    Nuri mengatakan...

    Alhamdulillah sehat ๐Ÿ˜

    Habib Abdulrahman mengatakan...

    Haduhh gw juga ketelen streples nih panik pas dimuntahin coba batuk2 malah keluar darah, tambah panik makan nasi yg banyak, panik lg tambah air. Trus gimana nih agan2 yang ketelen streples

    Unknown mengatakan...

    Siang tadi saya keselek duri ikan atau staples nyangkut ditenggorokkan rasanya aneh

    Unknown mengatakan...

    Saya tadi pagi makan pake nugget.. Trus pas nelen suapan terakhir kya ada yg ngeganjel.. Aku muntah muntahin malah berdarah.. Aku makan bnyak minum bnyak ttp ada yg ngeganjel.. Priksa ke dokter kata dia gada apa2.. Gw dsuruh ke RS mastiin isi staples nya masuk atau gak... Gw takut gaes

    Unknown mengatakan...

    Nsib kita sma ...gw jga udh 4 hri ketelen steples emng sih gak trlalu krsa skit cma skali" tpi tkut gmna" ..๐Ÿ˜ข

    Unknown mengatakan...

    Udah 2 hari rasa ng'ganjelnya ga ilang" . Ini gimana ya ?

    Unknown mengatakan...

    Aku kan makan kue , beli sama temen , tapi kan pwnutupnya pake streples . Truz kan , saat makan bagian terakhir ada yang sangkut aku teruskan makannya dan bagian yang aneh ku tarok ke samping karna itu lagi berada disekolah. Saat makannnya udh hbs aku keluarkan ruapya plastik bungkusnya. Truz , saat beberaapa menit kemudian ada yang ganjal . Sampe malam kaga enak . Tolong bantuannyaaa

    Unknown mengatakan...

    Ko sama tadi pagi w mkn peyek trs ky ada yg nyangkut ditenggorokan w,ky sperti ketulangan gt,tapi w g tao yg nyangkut ditenggorokan w itu steples p bkn,mudah"an kedepan'y w baik"j

    CARA MEMBUAT BOLU KUKUS YANG ENAK mengatakan...

    Lalu apakah isi staples nya udah keluar?soalnya saya juga keselek staples

    Unknown mengatakan...

    Gmm bang rasa nya saya lgi nhalamain kaya abang ke makan steples

    Unknown mengatakan...

    Masyaallah, masih ada yang comment di Mei 2020. Padahal saya nulis artikel ini hampir 10 tahun lalu, oktober 2010. Dan saya beritahukan kepada pembaca yang pernah mengalami keselek steples seperti saya. Saya alhamdulillah masih sehat walafiat. Pengalaman keselek steples dulu memang sempat sangat menghkhawatirkan. Tapi itu dulu, sekarang hampir saya tidak mengingatkanya kalau bukan karena artikel ini.

    Aisyah mengatakan...

    Gimana dong bakal infeksi ga ya aku takut banget๐Ÿ˜ญ

    AdyAlfahrizi.blogspot.com mengatakan...

    Aduh tolong gua nelen staples nih, rasanya ga enak bgt tenggorokan gua :(
    Mau ke dokter mager bgt.
    Udh lah gua tunggu sampe 7*24 jam klo ga ilang juga gua mw kedokter.

    Unknown mengatakan...

    Barusan saya nih lagi makan indomie, pas ngunyah gak ada yg keras, pas nelen kayak ada staples yg gak bengkok gitu. Karna saya lihat tenggorokan saya ada luka juga. Kira2 diperut ada efek nya gak yah? Takut nyangkut2 di didalam perut ๐Ÿ˜ญ. Apalagi saya panikan. Perut sakit, yg dipikir gara2 staples ๐Ÿ˜ญ.

    jamal mengatakan...

    23 Januari 2021 abis nelen staples waktu makan nasi bungkusan, skrng masih ganjel di tenggorokan. Ninggal jejak kalo udh sembuh dn masih inget balik lh buat sharing.

    Unknown mengatakan...

    makasi udah sharing. gua juga gak sengaja nelen isi steples :)
    dan dia masih anteng di tenggorokan gua, anj

    Unknown mengatakan...

    Terus gimana ngab? udah aman kah?

    Unknown mengatakan...

    Terus gimana ngab? udah aman kah?

    Unknown mengatakan...

    makasi udah sharing. gua juga gak sengaja nelen isi steples :)
    dan dia masih anteng di tenggorokan gua, anj

    Unknown mengatakan...

    makasi udah sharing. gua juga gak sengaja nelen isi steples :)
    dan dia masih anteng di tenggorokan gua, anj

    Unknown mengatakan...

    Gua juga kemarin ketelen isi staples juga, sempat panik juga setelah aku baca artikel ini jadi lega gak panik lagi trmks

    Mrs Cap mengatakan...

    Uda 3 hari nih tenggorokan sakit bgt karna ketelen Staples tapi ga berdarah sih, kira" hilang ga ya nanti staplesnya, jujur lagi pandemi kaya gini takut kedokter

    Unknown mengatakan...

    Aku juga ni barusan tadi siang, udh melakukan segala cara masih sama. Ganjal di tenggorokan sebelah kiri

    Anonim mengatakan...

    Aku Juga Sama Ketelen Stples Gimna Dong Ya

    Unknown mengatakan...

    Tp mlm wktu mkan sate sih gpp, tp habis minum pas kerasa ada yg nyangkut di tenggorokan, udah minum bergelas2 ttep msih ada yg nyangkut.. panik bgt tkut knp2.. paginya krn tenggorokan sakit aku berusaha muntah berkali2 tp ttep stay.. tp hr sblumnya emang aku susah nelen sih perih gitu.. ini bingung yang ngeganjal di tenggorokan itu steples, tulang, ato krn efek radang tenggorokan.. perih weh klo nelen plus ga enak krn ada yg nyangkut.. doain aja ya moga cpet sembuh

    Sam Munce mengatakan...

    Yang nelen steples masih aman kan sekarang, ni aku gk sengaja nelen steples ni, info biar cepet hilangnya kek mana?

    Posting Komentar