Senin, 04 Oktober 2010

Cinta BUKAN Transaksi


Sebuah kata-kata bijak dari India mengungkapkan dengan sangat manis sekali tentang apa itu cinta:

Apakah mungkin bagi mawar untuk berkata; aku akan memberikan keharumanku pada orang baik dan menahannya dari orang jahat
Apakah mungkin bagi matahari untuk berkata; aku akan memberikan cahayaku hanya kepada orang baik dan tidak memberikan sinar kepada orang jahat
Apakah mungikin bagi sebuah pohon untuk berkata; aku akan memberikan keteduhanku hanya kepada orang yang baik padaku, dan tidak memberinya untuk orang yang tidak baik padaku
Dan sebuah pohon tetap akan memberikan keteduhan bahkan kepada orang yang menebang dirinya
Dan jika pohon tersebut adalah pohon yang berbau harum, ia akan meninggalkan keharumannya pada kapak yang digunakan untuk menebang dirinya
Tuhan dan alam telah menunjukkan apa itu cinta, cinta ada sebelum manusia ada. Cinta tidak mengenal syarat. Seberapa besar dari kita yang pernah mengalami cinta tanpa syarat. Pernahkan ada seseorang yang mengatakan pada kita "Aku mencintaimu apa adanya, bagaimanapun dirimu, jika kau berbuat baik aku akan berbuat baik padamu, namun jika kau berbuat jahat padaku, aku akan tetap berbuat baik padamu".

Cinta bukan "jika kau baik padaku aku akan baik padamu, jika kau jahat padaku aku akan jahat padamu". Cinta bukan "jika kau mencintaimu aku akan balik mencintaimu, jika kau tidak mencintaiku lagi jangan berharap aku masih memberikan cintaku padamu".

Tidakkah kita mencontoh kepada Allah yang memberikan sinar matahari, oksigen, makanan, minuman, kesehatan, emas dan perak kepada orang suci dan para pendosa? Aku masih jauh dari mengerti apa itu cinta. Namun setidaknya aku mengerti sedikit tentang apa yang bukan cinta. Cinta bukan transaksi.

Dalam berumah tangga, kadang emosi kita terpicu oleh sikap dan perilakunya yang mengundang kekesalan dan kemarahan. Namun satu hal yang selama ini aku keliru. Betapapun kesal dan marahnya kita kepada pasangan kita tetap kita jangan berhenti mencintainya. Tetap kita harus berbuat baik padanya. Memang sulit, namun tidak berati tidak perlu dipelajari.

0 komentar:

Posting Komentar