Jumat, 01 Mei 2015

POLITIK Kantor

Dengan semakin besar ukuran sebuah perusahaan, dengan semakin kompleksnya susunan organisasi, dengan semakin bertambahnya jumlah karyawan. Ada satu fenomena yang mungkin tak terhindarkan, yaitu politik kantor. Dalam tulisan ini saya ingin membahas dari sudut pandang pribadi mengenai politik kantor. Berdasarkan pengalaman, hal yang menimbulkan poltik kantor adalah :
  1. Adanya kepentingan individu yang berbeda dari kepentignan organisasi
  2. Rasa egoisme yang berlebihan
  3. Sikap mau menang sendiri, tidak mencari win-win solution
  4. Ketidakcocokan atau kesalahpahaman dengan sesama rekan kerja, atasan atau bawahan
  5. Sistem, peraturan, kebijakan atau keputusan yang dinilai tidak adil bagi sebagian orang atau kelompok di kantor
  6. Rasa senioritas
  7. Gosip
  8. Rasa tidak aman

Dampak dari politik kantor adalah :
  1. Dapat memecah belah individu maupun kelompok yang ada di suatu perusahaan
  2. Membahayakan kerjasama tim
  3. Membuat karyawan tidak fokus terhadap tujuan perusahaan, lebih terfokus pada ambisi pribadi maupun kelompok
  4. Menurunkan tingkat kenyamanan kerja
  5. Membuat karyawan yang berorientasi terhadap hasil tidak betah

Politik kantor ini seperti wabah penyakit. Mudah timbulnya namun sulit untuk diobati. Namun begitu, keberadaan politik kantor baik sedikit atau banyak, pasti ada di setiap kantor. Politik kantor hampir tidak dapat dihindari. Pertanyaannya bukanlah bagaimana cara menghindarinya. Pertanyaannya adalah bagaimana cara agar kita sebagai pemimpin atau manajer cepat tanggap dan cepat menangani politik kantor agar dampaknya tidak menyebar kemana-mana dan tidak menjadi penyakit akut.

Di saat organisasi sibuk memikirkan tantangan-tantangan dari luar, seperti pesaing, kondisi ekonomi makro, tuntutan pelanggan dan lain-lain. Ada tantangan dari dalam yang lebih berbahaya dan mematikan bagi sebuah organisasi, yaitu politik kantor. Jika diibaratkan penyakit, maka politik kantor ini adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi rawan terhadap banyak penyakit lainnya. Dengan adanya politik kantor yang tidak terkendali. Maka penyakit seperti kemalasan, ketidakdisiplinan, sabotase pekerjaan, gosip, KKN, ketidakjujuran, dll dapat mudah hinggap.


Beware of office politic! You can't avoid it, but you can handle it. So, handle with care.

0 komentar:

Posting Komentar