Sabtu, 02 Mei 2015

WALK the Talk

Salah satu hal yang dikhawatirkan manajer adalah kalau anak buah tidak mau mendengarkan arahan dari atasannya. Masuk kuping kanan keluar kuping kanan. Jadi tidak ada waktu untuk masuk ke otak. Jangankan dilaksanakan, didengarkan saja sepertinya enggan. Kejadian ini pernah terjadi dengan saya. Ketika saya mendengar selentingan bahwa apa yang saya katakan tidak dianggap.

Saya pernah bilang ke anak buah untuk men-standby-kan HP. Jika suatu saat atasan, rekan kerja atau pihak terkait menghubungi bisa langsung kita respon. Atau minimal menelpon atau mengirim pesan balik ke pihak yang menghubungi. Pada saat di kantor maupun di luar kantor. Tapi arahan saya itu ternyata hanya dianggap angin oleh anak buah saya. Mengapa? Karena HP saya, beberapa bulan terakhir, jarang bisa dihubungi. Apalagi kalau sudah diluar kantor. Saya seperti hilang dari peredaran. Anak buah yang ingin menelpon saya untuk menanyakan keputusan, meminta saran atau meminta pertimbangan, tidak bisa bisa menghubungi saya. Itulah penyebabnya.


Karena saya tidak melakukan apa yang saya katakan. Kalau istilah kerennya tidak walk the talk. Antara pembicaran dan tindakan tidak sejalan. Padahal apa yang saya katakan ke anak buah adalah apa yang saat ini dan akan saya lakukan. Tapi anak buah tidak melihat itu, mereka tidak bisa melihat apa yang akan saya lakukan. Anak buah hanya bisa melihat apa yang pernah dan selalu saya lakukan di masa lalu. Betapapun semangat saya untuk berubah saat ini, itu kurang berarti dibanding apa yang selama ini telah mereka lihat dari tingkah lalu atasannya. Karenanya penting sekali bagi seorang pemimpin untuk mencontohkan apa-apa yang mereka ingin lihat dari bawahannya. Jika atasan memberi teladan yang baik, pasti ada anak buah yang mengikuti, terinspirasi, termotivasi dari teladan yang diberikan oleh pimpinan. Meskipun tidak semua anak bisa dan mau mengikuti. Jika kita tidak memberikan teladan yang baik kepada anak buah, maka dipastikan kita tidak bisa medapatkan sikap yang diinginikan.

Ada kutipan yang sangat mengena sekali, talk is cheap, walk the talk. Ya, bicara itu mudah, gampang, gampil. Yang sulit itu bertindak secara konsisten sesuai apa yang dibicarakan.

0 komentar:

Posting Komentar