Jumat, 15 Mei 2015

mendengar PEPOHONAN BERBICARA

Bagaimana cara memasukkan seekor gajah ke dalam kulkas? Buka pintu kulkasnya, masukkan gajahnya, tutup pintu kulkasnya. There! problem solved, simple isn't it! Bagaimana cara mendengarkan pepohonan berbicara? Dengarkan. Ya, sesederhana itu. Anda tidak perlu punya ilmu kebatinan untuk mendengarkan pepohonan bicara. Anda hanya perlu hening, diam, biarkan kesan-kesan dari pepohonan itu memasuki pikiran Anda tanpa di proses. Dan pepohonan akan menceritakan ceritanya untuk Anda. Cerita yang membuat Anda terkesan. Pepohonan akan menuturkan rahasianya. Rahasia yang membuat kita sebagai manusia merasa malu. Pepohonan akan mengisahkan kisahnya. Kisah yang bisa membuat kita menitikkan air mata. Pepohonan akan mengungkapkan kekuatannya. Sehingga manusia yang mendengar merasa kurang pantas menjadi khalifah di bumi.

Kalau Anda menganggap ini omong kosong, saya yakin seumur hidup Anda belum pernah mendengarkan pepohonan. Kalau Anda belum pernah mendengarkan pepohonan, saya yakin Anda adalah tipe orang yang sulit untuk hening, diam dan tidak berpikir. Bukankah manusia dan pepohonan diciptakan oleh Pencipta yang sama. Tidak aneh jika antara sesama ciptaan ada benang merah yang menghubungkan semua ciptaan. Yang dengannya antar ciptaan dapat saling berkomunikasi melampaui batasan bahasa dan indrawi.

Jika Anda benar-benar ingin mendengarkan pepohonan, Anda tidak perlu berusaha keras dan menunggu waktu lama. Yang diperlukan hanya diam dan mendengarkan sambil memandang pepohonan. Anda bisa langsung mendengar pepohonan berbicara atau butuh beberapa hari. Tergantung tingkat keterbukaan hati Anda.

Ada sedikit tips yang bisa langsung Anda praktekkan. Esok hari atau nanti sore, ketika Anda pergi atau pulang kerja perhatikan pohon-pohon yang Anda lewati selama perjalanan. Perhatikan keseluruhan pepohonan, bukan hanya satu pohon, tapi keseluruhan pohon-pohon yang Anda  melewati. Perhatikan saja dan katakan dalam hati 'saya ingin dan siap mendengarkan perkataanmu, lalu tunggulah'. Masa penantian ini bisa hanya daalam hitungan menit, jam atau hari, tergantung tingkat kesiapan dan kepasrahan Anda. He will talk when he talk. Nikmati proses menunggu jawaban dengan mengagumi pepohonan di sepanjang jalan. Betapa ada pepohonan yang mungkin sudah bertahan puluhan atau ratusan tahun. Bagaimana pohon tersebut menjadi saksi sejarah peristiwa-peristiwa penting di negeri ini. Bagaimana pohon tersebut menyaksikan pergantian generasi dan perubahan gaya hidup. Bagaimana pohon tersebut tetap tenang tak bergeming ditengah hiruk pikuknya manusia, di tengah penatnya para manusia pencari nafkah hilir mudik hampir setiap hari di hadapannya. Ia akan mulai berbicara ketika Anda tulus mendengar dan berhenti berpikir. Sebaliknya, ia akan berhenti berbicara ketika Anda berhenti mendengar dan sibuk dengan pikiran sendiri.


Jadi, selamat mendengarkan.

0 komentar:

Posting Komentar