Selasa, 12 Mei 2015

terjebak rutinitas PERGI PULANG KERJA

Adakah Anda jenuh dan bosan melewati jalan yang sama berulang kali, ratusan kali bahkan ribuan kali? Melewati kemacetan yang sama, melalui jarak yang tidak dekat, melintasi jalan rusak yang itu-itu saja hampir setiap harinya. Tanpa makna yang kita berikan pada perjalanan, tentu kita jenuh.

Apakah tidak ada pilihan lain dalam hidup sehingga kehidupan kita bagai sebuah cuplikan film yang diputar berulang-ulang? Senin, berangkat kerja, pulang kerja, istirahat di rumah, berangkat, pulang kerja lagi, weekend dan pola yang sama terulang kembali. Jika kita bosan dengan rutinitas seperti itu maka pilihan untuk keluar dari rutinitas selalu ada. pertanyaannya; beranikah kita untuk memilih? Beranikah kita untuk melangkah keluar dari zona rutintas yang nyaman?

Dimanakah semangat, antusiasme dan gairah ketika pertama kali kita diterima kerja? Luapan energi dan adrenalin ketika hari pertama bekerja di perusahaan yang saat ini telah kita diami bertahun-tahun. Tertelan oleh rutinitas yang entah berarti atau tanpa arti.

Siapakah yang bertanggungjawab atas habisnya waktu kita di perjalanan? Bukankah kita sendiri yang memutuskan untuk bekerja disitu dan bertempat tinggal disana. Lalu mengapa kita mengeluh atas keputusan yang kita ambil sendiri. Sudah jelas kita sendiri yang bertanggung jawab.

Mengapa kita tidak mengambil pilihan lain untuk tidak terjebak dalam perjalanan yang sama setiap harinya? Pindah kerja atau mulai usaha sendiri. Mungkin kita terlalu takut atau sekedar cari aman.

Kapan kita mulai sadar akan jebakan rutinitas yang melumpuhkan jiwa petualang dalam diri kita? Menunggu di PHK, atau pensiun, atau terkena penyakit kronis. Tak perlu seperti itu untuk mulai sadar. Semoga ketika selesai membaca buku ini kita menjadi tersadar.

Bagaimana mengakhiri siklus pergi pulang yang seakan baru akan berhenti di hari pensiun? Meskipun mengakhiri pola dan kebiasaan pasti tidak mudah. Bukan berarti hal yang tak mudah tak pantas dicoba. Mungkin yang dibutuhkan hanya persiapan dan keberanian untuk mengambil langkah atau bahkan lompatan baru.

0 komentar:

Posting Komentar