Kamis, 07 Mei 2015

belajar dari PELAYAN HOTEL

Sudah beberapa kali saya makan di hotel. Ada hal sederhana yang dilakukan pelayan hotel. Yang saya ketahui namun luput dari perhatian. Baru sekarang saya bisa mengambil hikmahnya. Pernahkah Anda memperhatikan ketika kita selesai makan, pelayan hotel langsung membereskan peralatan makan bekas kita. Mengapa tidak dibereskan sekaligus? Mengapa harus langsung dibereskan segera setelah kita selesai makan? Berbeda dari pelayan restoran yang membereskan bekas makanan kita setelah kita beranjak dari meja.

Dari situ saya jadi tersadar. Pekerjaan akan lebih mudah, lebih ringan, lebih sederhana jika dikerjakan satu demi satu. Tidak sekaligus. Pekerjaan yang menumpuk sangat menghabiskan energi. Jangankan untuk melakukan pekerjaan tersebut, membayangkan beratnya pekerjaannya saja sudah menghabiskan energi.


Jadi seperti yang dilakukan pelayan hotel yang segera membereskan peralatan makan tamunya. Bereskan apa yang berantakan dari hidup kita sesegera mungkin. Satu demi satu. Peka terhadap apa yang tidak beres dan segera bereskan. Jangan menunggu semua berantakan baru melakukan suatu tindakan besar. Tindakan hebat bukanlah satu tindakan besar, namun berupa kumpulan dari dari tindakan-tindakan kecil yang konsisten dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar