Sabtu, 01 Februari 2014

100% chance of SUCCESS

Setelah sesi hypnoterapi saya bertanya kepada sang terapist, pa Rahmadsyah, Pa bagaimana caranya supaya target, rencana dan program yang saya jalankan tidak berhenti di tengah jalan karena disabotase diri sendiri? Beliau menyarankan setelah sesi hypnoterapi dan mengetahui penyebab-penyebab sabotase diri, bahwa ada bagian-bagian dari diri saya yang tidak suka dengan keputusan saya menetapkan target, rencana maupun program yang saya canangkan secara sepihak untuk diri saya. Beliau menyarankan agar saya berdiskusi dan meminta persetujuan terlebih dahulu kepada semua bagian-bagian dari diri dan tubuh saya sebelum menetapkan suatu target atau rencana yang ingin dicapai dan dijalankan.

Setelah itu saya selalu bertanya ke dalam diri setiap saya ingin melakukan kebiasaan baru yang ingin saya lakukan. Meskipun ada sedikit rasa khawatir kebiasaan baru yang ingin dimulai ada kemungkinan kandas di tengah jalan, seperti yang sudah-sudah. Kemudian terbersit pemikiran 'Mengapa tidak tanyakan saja ke bagian-bagian dari diri saya mengapa rasa khawatir itu muncul'. Lalu mulailah saya bertanya kepada bagian-bagian dari diri saya: kepala, panca indra, tangan, kaki, perut, jantung, hati. Tahu jawaban apa yang langsung saya dapatkan dari mereka? Hanyalah senyuman. Seolah-olah saya bertanya sesuatu yang begitu sederhana kepada seseorang sehingga orang tersebut cukup menjawab dengan senyuman menganggap saya sudah tahu. Begitulah yang kira-kira terjadi selama menit-menit pertama saya mengajukan pertanyaan itu. Pertanyaan 'Mengapa saya merasa khawatir kebiasaan-kebiasaan baru yang saya jalankan bisa berhenti di tengah jalan?'

Setelah tersenyum beberapa lama, barulah mereka serentak menjawab dengan jawaban yang membesarkan hati. Katanya: Jika segala keputusanmu, walaupun itu suatu kebaikan menurutmu, jika tidak didiskusikan dan mendapat persetujuan dari kami terlebih dahulu maka kemungkinan keputusan itu akan terlaksana secara konsisten adalah 0%, dalam arti pasti berhenti di tengah jalan. Namun jika segala keputusanmu itu terlebih dahulu didiskusikan, meminta persetujuan dan dukungan dari kami semua, bagian dari dirimu, dan setelahnya kamu mendapat persetujuan dan dukungan dari kami. Maka kemungkinan apa yang kamu putuskan adalah 100% berhasil. Sekeras apapun usaha yang mesti dilakukan, kalau kami mendukung maka akan kami lakukan. Mata siap begadang sampai pagi, otak siap bekerja dengan cepat, seluruh badan siap menjadi sehat, perut siap menahan lapar.


Ternyata sesederhana itu sebuah jawaban yang 10 tahun lebih aku cari.

0 komentar:

Posting Komentar