Minggu, 16 Februari 2014

creating positive ANCHOR

Ada yang tau anchor itu apa? Secara harfiah anchor berarti jangkar. Dalam Neuro Linguistic Programming (NLP), anchor adalah sesuatu hal yang bisa berupa kata-kata, gambar, tempat, gerak tubuh, aroma, rasa dan hal lain yang dapat ditangkap panca indra yang secara otomatis bisa memicu kondisi emosi tertentu seperti gembira, berani, bahagia, tenang bahkan juga emosi negatif seperti takut, cemas atau marah. Bagi sebagian orang, melihat kecoa adalah Anchor untuk rasa takut. Jika disingkat dalam satu kata anchor adalah pemicu, trigger.

 Anchor itu seperti kita punya tombol di tubuh, dan ketika kita kita ingin lebih pede kita tekan tombol tertentu. Ketika kita ingin tenang kita menekan tombol yang lain. 'Menekan tombol' disini bisa dilakukan dengan kombinasi gerakan tertentu yang unik, atau dengan kata-kata, atau gabungan keduanya, atau hal lain yang unik.

Bayangkan jika kita dapat mengatur state kita, kondisi emosional kita secara otomatis dengan gerakan sederhana. Sesederhana menekan tombol untuk menjalankan program tertentu di komputer. Tentunya anchor-anchor yang ingin kita tanamkan secara pribadi adalah anchor yang positif. Saya baru beberapa hari mengikuti pelatihan NLP dan merasa perlu untuk membangun anchor-anchor positif tersebut, antara lain :
  • Bahagia
  • Berani / pede
  • Ketenangan batin
  • Gembira / lucu
  • Hubungan batin dengan Allah
  • Kreativitas
  • Meningkatkan level energi
  • Belajar itu menyenangkan


Saya masih belum bisa memutuskan akan seperti apa gesture yang cocok dan sreg untuk masing-masing anchor tersebut. Intinya, untuk menciptakan anchor sebenarnya cukup mudah. Tinggal kita munculkan perasaan, emosi, pikiran kita ketika berada dalam state yang kita inginkan. Ketika state tersebut sampai atau mendekati puncak maka langsung kita buat gerakan yang akan kita jadikan anchor. Semoga berguna untuk para pembaca dan diri saya pribadi. Let's creating POSITIVE ANCHOR.

0 komentar:

Posting Komentar