Senin, 30 Maret 2015

tidak cukup satu PEMIKIR

Koperasi jika ingin berkembang terus menghadapi tantangan-tantangan yang ada di masa depan, maka perlu lebih dari satu orang yang aktif memikirkan koperasi, menantang status quo, mengkritisi sistem yang ada, memikirkan apa yang nanti akan terjadi, mengeksploitasi peluang, mengatasi tantangan, membawa koperasi ke tingkat yang lebih tinggi. Tentu koperasi bisa berjalan dengan apa yang ada sekarang, namun kita tak akan jauh kemana-mana jika hanya berjalan. Koperasi perlu berlari, melompat, menaiki kendaraan jika ingin mencapai tujuan-tujuan yang lebih jauh. Tentunya diperlukan pengorbanan yang lebih untuk bisa tidak sekedar berjalan, dan pengorbanan yang paling berharga dari seorang manusia adalah pemikirannya.

Perlu ada orang-orang yang tidak hanya melakukan apa yang biasa dilakukan, tapi juga bertanya dan berpikir bagiamana kita bisa melakukannya dengan lebih baik, lebih cepat, lebih mudah, lebih efisien. Perlu ada orang-orang yang tidak hanya bereaksi terhadap masalah, tapi juga mengantisipasi masalah. Perlu ada orang-orang yang tidak hanya berpikir apa yang terjadi saat ini, tapi juga berpikir apa yang terjadi di masa depan. Perlu ada orang-orang yang tidak hanya ingin tahu, tapi juga peduli. Perlu ada orang-orang yang tidak hanya berpikir sempit di satu bidang, tapi juga berpikir secara keseluruhan.


Tidak peduli organisasi apapun, jika didalamnya cuma ada satu orang pemikir, organisasi tersebut tidak akan pergi jauh layaknya orang yang berjalan kaki.

0 komentar:

Posting Komentar