Sabtu, 28 Maret 2015

segerombolan ANAK BARU

Sungguh luar biasa koperasi ini menurut saya, dikelola oleh segerombolan anak-anak baru yang tidak berpengalaman, termasuk manajernya. Orang-orang yang tidak punya pengalaman di koperasi, orang-orang yang tidak punya pengalaman bekerja di kantoran, orang-orang yang tidak punya pengalaman bekerja sama sekali, orang-orang yang tamatan SMA. Orang-orang itu lah yang diserahkan tanggung jawab untuk mengelola koperasi, bisa dibayangkan bagaimana kacaunya. Pada kenyataannya, untungnya tidak sekacau itu. Tentu masih banyak hal yang belum dilakukan segerombolan anak-anak baru ini, namun kembali lagi: apa yang kamu harapkan dari segerombolan anak baru?

Segerombolan anak-anak baru yang tidak berpengalaman ini ditugaskan mengelola Koperasi layaknya segerombolan domba yang ditugaskan memburu babi hutan, entah kenapa berhasil menangkap beberapa babi hutan. Saya percaya segerombolan domba ini kelak kemudian akan menjelma menjadi sekelompok serigala. Segerombolan anak-anak baru ini kelak akan menjadi tim yang terdiri dari para profesional. Bagaimanapun juga sampai saat ini, anak-anak baru ini mampu mengelola koperasi sampai dengan seperti ini.

Tidak ada lagi yang harus diperintah untuk pekerjaan yang sifatnya rutin. Tidak ada lagi yang masalah miskomunikasi karena pekerjaan yang tidak terkoordinasi dengan baik. Tidak ada lagi lingkungan kerja, tumpukan berkas dan file yang berantakan. Tidak ada lagi yang bekerja dengan lambat. Tidak ada lagi yang tidak jelas mengenai tugas dan tanggungjawabnya. Tidak ada lagi masalah kedisiplinan. Pada akhirnya segerombolan akan-anak baru ini yang tadinya tidak tahu apa yang harus dilakukan, yang harus selalu diingatkan, yang pekerjaannya kurang memuaskan, akan menjadi profesional yang tahu betul apa tugas dan tanggung jawabnya, mampu bekerja secara mandiri dan dapat memberikan hasil kerja yang memuaskan.


Entah bagaimana caranya saya cuma punya firasat bahwa anak-anak baru ini akan menjelma menjadi para profesional dan membawa koperasi menjadi organisasi yang profesional.

0 komentar:

Posting Komentar