Selasa, 24 Maret 2015

everything CHANGE

Kemarin saya baru saja melewati SD tempat saya dulu bersekolah, SD yang sudah lebih dari 10 tahun telah  lulus darinya. Banyak yang berubah dari bangunannya, terlebih lagi isinya. Murid-muridnya sudah pasti berubah, guru-guru yang mengajar mungkin sudah berganti, ada yang pensiun, pindah mengajar, pindah profesi, dan bisa jadi ada yang sudah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Bangunannya sudah tidak berwarna merah coklat lagi, sekarang berwarna hijau. Sudah tidak lagi satu tingkat, sekarang sudah dua lantai. Struktur bangunannya pun sudah di rombak total. Banyak yang berubah.


Jalan-jalan yang biasa dulu saya lewati ketika sekolah pun sudah banyak berubah. Yang tadinya lapangan jadi ruko, yang tadinya rumah jadi kios, yang tadinya sawah jadi pabrik, daerah sepanjang jalan jadi tempat komersil semua. Tidak ada lagi lapangan, sawah atau lahan kosong di pinggir jalan. Banyak yang berubah.

Setelah 10 tahun lebih tak melewati jalan-jalan tersebut banyak yang berubah. Setelah melihat begitu banyak perubahan di luar, entah darimana ada pertanyaan yang muncul begitu saja pada diri ini. Kalau kamu, apa yang berubah? Sejenak saya termenung mencari jawabannya. Secara umum banyak yang berubah, usia saya pastinya berubah, status perkawinan, alamat, sudah punya anak, pekerjaan, dan lain-lain. Namun bukan itu jawaban yang diinginkan dari pertanyaan tadi. Apa yang benar-benar berubah dari diri saya sejatinya. Apakah saya telah berubah menjadi orang yang tadinya biasa-biasa saja menjadi orang yang telah mampu melakukan hal yang besar. Jawabannya adalah belum, jauh di dalam diri ini masih menjadi pribadi yang seperti orang kebanyakan.


Berubahlah, berubahlah menjadi lebih baik, berubahlah menuju kebaikan, berubahlah untuk membantu orang lain agar berubah menjadi lebih baik

0 komentar:

Posting Komentar