Senin, 20 April 2015

survey SELF PUBLISHING Indonesia

Sesuai target saya tahun ini, yaitu menulis dan menerbitkan buku. Perusahaan self publishing menjadi pilihan pertama dan termudah untuk menerbitkan buku. Targetnya kan menerbitkan buku, jadi pada awalnya tidak masalah siapa yang menerbitkan, berapa yang terjual... Yang penting terbit dulu. Setelah terbit, baru ... Terang. Apa sih!

Oke serius. Pilihan self publishing company di Indonesia, setelah browsing dan survey di internet ada beberapa perusahaan self publishing di Indonesia yang layak menjadi kandidat untuk menerbitkan buku pertama saya. Yaitu :


  • Dapurbuku.com
  • Leutikaprio.com
  • Nulisbuku.com
  • Grepublishing.com
  • Heryamedia.com
Dari ke lima self publishing tersebut rencananya akan saya bandingkan satu sama lain. Mana kiranya yang terbaik. Faktor yang menjadi pertimbangan saya dalam membandingkan  self publishing tersebut antara lain :
  • Jumlah buku yang telah berhasil diterbitkan
  • Jumlah penulis yang mempercayakan bukunya untuk diterbitkan
  • Popularitas website
  • Liputan dari media
  • Tampilan website
  • Isi website
  • Minimum biaya penerbitan
  • Pembagian royalti
  • Keaktifan komunitas
  • Lama proses penerbitan
  • Biaya-biaya bagi penulis
  • Jasa tambahan
  • Promosi buku
  • Dan kelebihan atau kekurangan lain yang pantas diulas
 Sebelum saya umumkan hasil riset kecil-kecilan saya ini. Ada baiknya kita mengetahui seluk beluk self publishing melalui artikel-artikel yang saya temui di internet. Check itu out!

To be continued ...

0 komentar:

Posting Komentar