Jumat, 17 April 2015

MEMBENAHI koperasi

Sebagai manajer koperasi. Tugas berbenah tak pernah habis. Selalu saja ada yang dibenahi. Entah itu ketika pertama kali membenahi koperasi yang baru berdiri, maupun membenahi koperasi yang sudah lama berdiri. Apa saja yang harus dibenahi dalam suatu Koperasi? Dibawah ini saya tuliskan beberapa hal yang perlu dibenahi :
  1. Data anggota
  2. Bukti-bukti transaksi
  3. Laporan keuangan
  4. Utang piutang
  5. Simpanan anggota
  6. Pinjaman anggota
  7. Rekening bank
  8. Pajak
  9. Data karyawan
  10. Absensi karyawan
  11. Penilaian kinerja
  12. Rekruitment dan seleksi
  13. Pelatihan dan pengembangan karyawan
  14. BPJS karyawan
  15. Perjanjian kerja karyawan
  16. Kantor dan lingkungan kerja
  17. Surat-surat
  18. Dokumen-dokumen penting
  19. Data aktiva
  20. Aktiva tetap
  21. Perlengkapan kantor
  22. Arsip hardcopy dan softcopy
  23. Sistem informasi
  24. Pengamanan aset
  25. Hubungan dengan stakeholder
  26. Pengelolaan usaha
  27. Pengawasan usaha
  28. Pengembangan usaha
  29. Maintain customer
  30. Dll.

Dan ada beberapa hal lain yang mungkin belum terpikirkan oleh saya sekarang ini. Seorang manajer memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membenahi hal-hal tersebut diatas. Tidak harus dibenahi sendirian, namun bisa didelegasikan kepada bawahannya. Namun sebelum mendelegasikan, tugas manajer jugalah untuk memastikan bahwa apa yang didelegasikan sudah jelas dan dapat dipahami. Dan orang yang didelegasikan sudah siap menerima penugasan. Perlu diingat bahwa kita bisa mendelegasikan tugas, namun kita tidak bisa mendelegasikan tanggung jawab. Jika bawahan tidak sanggup menyelesaikan tugas yang didelegasikan, maka otomatis tugas tersebut menjadi tugas sang atasan.


Menuliskan daftar tersebut diatas saja sudah cukup membuat otak penat, apalagi Jika dibayangkan. Memang tidak ringan tugas dan tanggung jawab seorang manajer koperasi. Karena dari itu, jangan dibayangkan. Dikerjakan saja, satu demi satu. Banyak berbuat baik dan berdoa agar Allah mempermudah pekerjaan kita, atdau membuat kita lebih tangguh. 

0 komentar:

Posting Komentar