Minggu, 19 September 2010

Sudahkah Aku Menjadi Seorang Ayah?

Sekarang udah hampir satu tahun gw menjadi seorang ayah. Dari sudut pandang biologis gw telah menjadi seorang ayah, namun dari sudut pandang pola pikir dan perilaku, sudahkah diri ini menjadi sosok ayah? Ada banyak makna tersembunyi dalam deretan empat huruf tersebut. Menjadi ayah berarti menjadi lebih bertanggung jawab dalam hal mencari rezeki yang halal dan berkah, menjadi ayah berarti menjadi sosok yang bisa diteladani, menjadi ayah berarti menjadi pemimpin yang mempunyai visi, misi dan tindakan yang jelas untuk masa depan keluarga. Dan mungkin ada beribu makna lagi.

Kini gw bukan pasangan muda lagi, apalagi bujangan. Tidak boleh memikirkan hanya dirinya sendiri. Setiap tindakan sebisa mungkin memberi kontribusi kepada keluarga. Kadang gw merasa malu ketika mendapatkan diri gw masih main game untuk kesenangan sendiri, sementara gw tahu waktu yang terpakai untuk main game bisa digunakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga, atau belajar tentang menjadi suami atau ayah yang baik, atau belajar untuk mencari penghasilan tambahan. Memang ga da salahnya menggunakan waktu untuk kesenangan pribadi, namun tetap harus proporsional. Kadang gw menyayangkan diri sendiri yang masih belum bisa konsisten dalam melakukan yang terbaik di rumah maupun di tempat kerja.

Sadarlah…. kau bukan bujangan lagi, kau kini seorang AYAH!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kehidupan ini sebuah proses,, pun juga menjadi seorang ayah

ada banyak pembelajaran dalam setiap detik kesempatan,, dan ada sejuta hikmah di balik setiap peristiwa dalam kehidupan

selamat menjadi ayah terbaik ^^

Posting Komentar