Selasa, 10 Mei 2011

JOB that suit me


Hampir setiap manusia, terutama laki-laki, memiliki satu hal dominan dalam hidupnya yang disebut profesi atau pekerjaan. Beberapa menemukan profesi yang cocok dengannya ketika masih kecil, ketika di bangku kuliah, atau setelah bertahun-tahun menggeluti suatu profesi yang ternyata bukan ditakdirkan untuk dirinya. Tidak ada satu profesi yang lebih baik dari profesi yang lain, seorang penyapu jalan tidak lebih rendah posisinya dari seorang enjinir senior. Selama orang tersebut melakukan pekerjaanya dengan sepenuh hati. Pekerjaan yang baik tidak dilihat dari kompensasi berupa materi yang diterima, bukan dari tingkat keamanan secara finansial, karenanya dokter tidak lebih tinggi derajatnya daripada tukang jahit misalnya. Pekerjaan terbaik adalah yang sesuai dengan panggilan hati, dan dilakukan dengan sepenuh hati.

Mengutip pernyataan dari Marthin Luther King Jr., "Jika seseorang bekerja sebagai penyapu jalanan, ia selayaknya menyapu jalan seperti layaknya Michelangelo melukis, atau seperti Beethoven bermain musik, atau Shakespeare menulis puisi. Ia selayaknya menyapu jalanan dengan sebegitu baiknya sehingga penghuni surga dan bumi berhenti sejenak dan berkata, disini tinggal penyapu jalanan yang luar biasa yang melakukan pekerjaanya dengan sangat baik".


Adapun saya saat ini, belum berada dalam posisi dimana saya bekerja sesuai dengan profesi yang sesuai dengan panggilan hati saya. Tetap saya berusaha melakukan pekerjaan saya sekarang ini dengan sepenuh hati. Dengan keyakinan hati saya, paling tidak lima tahun kedepan saya sudah mulai menggeluti pekerjaan yang terbaik bagi diri saya.

Panggilan hati saya menginginkan pekerjaan dengan karakteristik :
  • Mandiri, tidak bekerja untuk satu perusahaan tertentu
  • Pekerjaan yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
  • Pekerjaan yang memungkinkan atau bahkan mengharuskan bertemu dan berkenalan dengan berbagai jenis orang
  • Berhubungan dengan komputer dan internet
  • Memerlukan proses berpikir kreatif dan analisa
  • Jam kerja yang tidak terikat
  • Bersifat melayani
Apakah ada di antara Anda yang memiliki masukan mengenai pekerjaan seperti apa yang sesuai dengan karakteristik diatas?

0 komentar:

Posting Komentar