Kamis, 14 Februari 2019

the lost PUZZLE

Ada sepotong puzzle yang salah masuk kardus. Ia harusnya tidak berada di kardus itu dan bukan menjadi bagian dari gambaran itu. Sayangnya, itu baru ia ketahui ketika potongan-potongan lainnya sudah tersusun rapih diatas meja. Pilihannya adalah memotong potongan puzzle tersebut agar sesuai dengan tempat kosong yang masih tersedia. Atau mencari kardus dan gambaran dimana potongan puzzle tersebut seharusnya berada.

Pilihan pertama tentulah lebih mudah dan tidak merepotkan, meskipun jadinya dipaksakan. Akan ada bagian dari potongan puzzle itu yang dibuang dan gambaran keseluruhan jadi tak sempurna. Tapi tidak mengapa, lagipula siapa yang mau memperhatikan tiap detailnya. Tapi bagi potongan puzzle tersebut, itu bukan hal kecil, ia akan menghabiskan sisa hidupnya di antara potongan puzzle lain yang bukan kawanannya. Belum lagi ia harus merelakan sebagian dirinya terpotong dan terbuang.

Pilihan kedua sangat-sangat merepotkan, kalau boleh dibilang mustahil. Mencari kardus puzzle hanya untuk satu potongan kecil puzzle tampaknya tidak efisien, buang-buang waktu, dan juga tenaga. Hanya satu alasan mengapa pilihan kedua layak dijalankan. Karena itu adalah pilihan yang benar.

0 komentar:

Posting Komentar