Jumat, 11 Desember 2015

menjadi KONSULTAN

Paling tidak enak ketika kita menganggur lalu ada orang bertanya 'Pekerjaan bapak apa?', sepertinya ada harga diri kita yang hilang disitu ketika kita tidak punya pekerjaan, khususnya bagi kaum pria yang memang fitrahnya mencari nafkah melalui berbagai profesi. Meskipun saya sudah berhenti dari pekerjaan lama saya sebagai manajer koperasi, dan belum diterima di perusahaan manapun, saya bisa menjawab pertanyaan 'Pekerjaan bapak apa?'. Karena saya menciptakan pekerjaan bagi diri saya sendiri, dan insyaallah kedepannya bisa juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Pekerjaan saya saat ini adalah konsultan koperasi dan penulis, itu profesi saya sekarang. Konsultan koperasi, tidak kalah bergengsi dari manajer koperasi. Justru kata Pa Mario Teguh, konsultan adalah puncak dari segala profesi. Orang kalau sudah ahli, maka ujung-ujungnya menjadi konsultan. Menjadi konsultan itu mulia, membantu banyak orang keluar dari masalah-masalah yang dihadapi, membantu menjawab persoalan-persoalan orang banyak. Tidak seperti kita bekerja pada satu perusahaan yang manfaatnya terbatas pada perusahaan tersebut. Menjadi konsultan memungkinkan kita untuk memberi manfaat kepada lebih banyak orang. Orang yang bahkan belum kita kenal sebelumnya, orang yang jauh di seberang pulau sana.

Bahkan bisa dibilang saat ini saya sedang memulai pekerjaan impian saya. Meskipun awalnya uangnya tidak seberapa atau bahkan mungkin tidak cukup untuk kehidupan sehari-hari, tapi tidak apa-apa namanya juga baru merintis. Kata pepatah start small, dream big; think global, act local. Saya yakin usaha konsultan koperasi yang saya rintis ini, insyaallah dapat memberi manfaat bagi banyak orang, dapat menjadi sumber penghasilan yang cukup bagi saya dan keluarga. Saya bermimpi, melalui profesi konsultan koperasi ini saya bisa bertemu banyak orang dari seluruh penjuru nusantara, mendatangi tempat-tempat di pelosok Indonesia yang belum pernah saya kunjungi. Mimpi saya adalah travelling while working; sharing while you earn money. Profesi konsultan koperasi sangat memungkinkan untuk itu.

Alhamdulillah, semua sudah ada jalannya, semua sudah tertulis dalam takdir. Dan profesi baru yang saya jalani ini semoga berkah, semoga memberi manfaat bagi banyak orang, semoga saya diberi kekuatan untuk bertahan dan melewati segala tantangan yang pasti ada kedepannya. Semoga siapapun juga yang membaca tulisan ini diberi keberanian, diberi kesempatan untuk menjalani pekerjaan impiannya. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan pada pekerjaan yang salah, hidup ini terlalu singkat untuk tidak mengikuti kata hati. Uang hilang bisa dicari lagi, waktu hilang takkan pernah kembali. Lebih baik kita kehilangan uang daripada kehilangan waktu menjalani pekerjaan yang tidak sesuai kata hati.

0 komentar:

Posting Komentar