Dengan semakin besar
ukuran sebuah perusahaan, dengan semakin kompleksnya susunan organisasi, dengan
semakin bertambahnya jumlah karyawan. Ada satu fenomena yang mungkin tak
terhindarkan, yaitu politik kantor. Dalam tulisan ini saya ingin membahas dari
sudut pandang pribadi mengenai politik kantor. Berdasarkan pengalaman, hal yang
menimbulkan poltik kantor adalah :
- Adanya kepentingan individu yang berbeda dari kepentignan organisasi
- Rasa egoisme yang berlebihan
- Sikap mau menang sendiri, tidak mencari win-win solution
- Ketidakcocokan atau kesalahpahaman dengan sesama rekan kerja, atasan atau bawahan
- Sistem, peraturan, kebijakan atau keputusan yang dinilai tidak adil bagi sebagian orang atau kelompok di kantor
- Rasa senioritas
- Gosip
- Rasa tidak aman
Dampak dari politik
kantor adalah :
- Dapat memecah belah individu maupun kelompok yang ada di suatu perusahaan
- Membahayakan kerjasama tim
- Membuat karyawan tidak fokus terhadap tujuan perusahaan, lebih terfokus pada ambisi pribadi maupun kelompok
- Menurunkan tingkat kenyamanan kerja
- Membuat karyawan yang berorientasi terhadap hasil tidak betah
Politik kantor ini
seperti wabah penyakit. Mudah timbulnya namun sulit untuk diobati. Namun
begitu, keberadaan politik kantor baik sedikit atau banyak, pasti ada di
setiap kantor. Politik kantor hampir tidak dapat dihindari. Pertanyaannya
bukanlah bagaimana cara menghindarinya. Pertanyaannya adalah bagaimana cara
agar kita sebagai pemimpin atau manajer cepat tanggap dan cepat menangani
politik kantor agar dampaknya tidak menyebar kemana-mana dan tidak menjadi
penyakit akut.
Di saat organisasi
sibuk memikirkan tantangan-tantangan dari luar, seperti pesaing, kondisi
ekonomi makro, tuntutan pelanggan dan lain-lain. Ada tantangan dari dalam yang
lebih berbahaya dan mematikan bagi sebuah organisasi, yaitu politik kantor.
Jika diibaratkan penyakit, maka politik kantor ini adalah penyakit yang
menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi rawan terhadap banyak
penyakit lainnya. Dengan adanya politik kantor yang tidak terkendali. Maka
penyakit seperti kemalasan, ketidakdisiplinan, sabotase pekerjaan, gosip, KKN,
ketidakjujuran, dll dapat mudah hinggap.
Beware of office
politic! You can't avoid it, but you can handle it. So, handle with care.
0 komentar:
Posting Komentar