Sebagai manajer
koperasi. Tugas berbenah tak pernah habis. Selalu saja ada yang dibenahi. Entah
itu ketika pertama kali membenahi koperasi yang baru berdiri, maupun membenahi
koperasi yang sudah lama berdiri. Apa saja yang harus dibenahi dalam suatu Koperasi?
Dibawah ini saya tuliskan beberapa hal yang perlu dibenahi :
- Data anggota
- Bukti-bukti transaksi
- Laporan keuangan
- Utang piutang
- Simpanan anggota
- Pinjaman anggota
- Rekening bank
- Pajak
- Data karyawan
- Absensi karyawan
- Penilaian kinerja
- Rekruitment dan seleksi
- Pelatihan dan pengembangan karyawan
- BPJS karyawan
- Perjanjian kerja karyawan
- Kantor dan lingkungan kerja
- Surat-surat
- Dokumen-dokumen penting
- Data aktiva
- Aktiva tetap
- Perlengkapan kantor
- Arsip hardcopy dan softcopy
- Sistem informasi
- Pengamanan aset
- Hubungan dengan stakeholder
- Pengelolaan usaha
- Pengawasan usaha
- Pengembangan usaha
- Maintain customer
- Dll.
Dan ada beberapa hal
lain yang mungkin belum terpikirkan oleh saya sekarang ini. Seorang manajer
memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membenahi hal-hal tersebut diatas.
Tidak harus dibenahi sendirian, namun bisa didelegasikan kepada bawahannya.
Namun sebelum mendelegasikan, tugas manajer jugalah untuk memastikan bahwa apa
yang didelegasikan sudah jelas dan dapat dipahami. Dan orang yang didelegasikan
sudah siap menerima penugasan. Perlu diingat bahwa kita bisa mendelegasikan
tugas, namun kita tidak bisa mendelegasikan tanggung jawab. Jika bawahan tidak
sanggup menyelesaikan tugas yang didelegasikan, maka otomatis tugas tersebut
menjadi tugas sang atasan.
Menuliskan daftar
tersebut diatas saja sudah cukup membuat otak penat, apalagi Jika dibayangkan.
Memang tidak ringan tugas dan tanggung jawab seorang manajer koperasi. Karena
dari itu, jangan dibayangkan. Dikerjakan saja, satu demi satu. Banyak berbuat baik
dan berdoa agar Allah mempermudah pekerjaan kita, atdau membuat kita lebih
tangguh.
0 komentar:
Posting Komentar